Page Views

Powered By Blogger
web ini memiliki hak cipta dan perlindungan undang-undang. Diberdayakan oleh Blogger.

Trik dan Tips

Contributors

Foto Saya
serang, banten, Indonesia

Kamis, 12 April 2018

3 prinsip sukses jualan baju online

Posted by f3_faiz musyaffa at April 12, 2018 1 Comment

 12 april 2018 oleh f3-faizmusyaffa.blogspot.com

Dewasa ini online shop semakin bertambah banyak, dan terbukti jenis produk fashion adalah yang selalu paling dicari. Riset yang dilakukan oleh Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA) per Januari 2014 menemukan hasil bahwa fashion adalah kategori yang paling banyak dibeli dalam online shop (78%).

Meskipun potensi pasar online shop fashion sangat besar, bukan berarti siapapun dijamin sukses bila menjalankan usaha ini. Sebagaimana bisnis pada umumnya, jualan fashion online (terutama baju) juga harus dibarengi dengan cara-cara khusus agar dapat lebih menonjol dari kompetitor dan cepat berkembang.

1,Pahami kebutuhan konsumen.
      Buatlah online shop yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen. Ketahui terlebih dahulu fokus jenis baju yang ingin Anda jual. Ambil contoh: baju pesta. Gali lebih lanjut segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan konsumen akan baju pesta. Apakah model dan jenis bahan baju pesta yang dibutuhkan orang? Apa saja yang dicari dan dihindari seseorang ketika memilih baju pesta? dan masih banyak lagi pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum memutuskan akan menjual baju apa.

Sekedar menjual baju yang dibutuhkan konsumen saja?, Anda sudah pasti memiliki pembeli (namun tidak banyak). Untuk menggaet pasar lebih luas, padukan kebutuhan tadi dengan tren pasar. Setelah memahami kebutuhan baju konsumen, lakukan riset sejenak untuk mengetahui perkembangan tren fashion. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk dapat menyediakan produk yang selalu up to date dan banyak disukai orang.

2.Tentukan USP (Unique Selling Point)

    Semakin segmented produk yang Anda jual, sebenarnya akan semakin baik karena lebih memudahkan Anda mendapat konsumen loyal serta memasuki pasar komunitas yang saingannya masih sedikit. Meskipun demikian, sebagai pemain pemula, Anda disarankan untuk menjual produk yang diminati pasar umum terlebih dahulu.

Dalam menjual produk yang sedang ngetren, Anda akan menghadapi peperangan dengan banyak pemain di ranah yang sama. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus memiliki keunikan. Setidak-tidaknya, Anda harus memiliki keunggulan di salah satu bagian ini : harga, kualitas, atau varian. Akan lebih bagus lagi jika Anda menemukan keunikan lain, misalnya dari segi pelayanan, keunikan produk, packaging, dan lain-lain.

3.Pelajari pasar dengan terlebih dahulu menjadi reseller/dropshipper

      Sebelum menjual produk sendiri di toko online, sebaiknya Anda menjalani magang dengan terlebih dahulu menjadi reseller/dropshipper.
Tugas reseller/dropshipper adalah membantu supplier menjual barang. Anda menjadi penjual yang akan menyampaikan order ke supplier, untuk kemudian supplier dapat mengirimkan barangnya ke konsumen. Supplier biasanya memberikan harga produksi (atau naik sedikit dari harga produksi) kepada Anda. Selanjutnya, Anda bebas memasang harga ke konsumen untuk produk tersebut. Pemasukan Anda sebagai reseller/dropshipper berasal dari keuntungan harga yang Anda berikan kepada konsumen tadi. Foto-foto produk biasanya sudah langsung disediakan oleh supplier. Tugas reseller/dropshipper adalah menyebarkan dan menawarkannya ke konsumen.

Selain itu, ada pula sistem dropshipper yang memosisikan Anda sebagai penerima orderan dari penjual untuk kemudian Anda kirimkan produk pesanan tersebut ke konsumen. Pemasukan Anda untuk hal ini biasanya berupa insentif.
Dengan menjadi reseller/dropshipper Anda dapat mempelajari dunia jualan online tanpa mengeluarkan modal. Di sini Anda akan mengetahui cara jualan, bekerja sama dengan supplier, memahami produk apa saja yang menarik, berinteraksi dengan konsumen, menghadapi beraneka tipe konsumen serta memperluas jaringan distribusi.
Setelah Anda mendapatkan pengalaman langsung berjualan online sebagai reseller/dropshipper, barulah Anda mantapkan diri untuk membuka toko baju online sendiri.

Kesimpulan
Fashion, terutama baju adalah jenis produk yang paling banyak dicari dalam bisnis e-commerce. Terjun di dunia ini tidak serta merta menjadikan orang berhasil laku keras. Ada cara-cara tertentu yang harus diperhatikan dan diterapkan apabila Anda ingin mulai belajar jualan baju online dan ingin cepat berkembang. Selain memahami kebutuhan dan tren pasar untuk menemukan produk yang tepat untuk Anda jual, Anda juga harus menonjolkan keunikan. Ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mempelajari dunia jualan online dengan terlibat sebagai reseller/dropshipper.

Share This Post

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

1 komentar:

    Popular Posts

Recent Articles

Recent News

back to top